SELAMAT DATANG TRETAN-TRETAN DI SITUS OBROLAN DAN PENJUALAN AYAM PRODUKTIF

Thursday, October 11, 2012

Cara memelihara/membesarkan/merawat anakan ayam ketawa yang baru menetas


Oke tretan semua saya ingin shering cara memelihara anakan ayam ketawa dengan baik.. ini tentunya berdsarkan pengalaman saya memelihara anakan ayam ketawa.
  • Pertama, tretan pisahkan anakan ayam ketawa dari indukannya.
  • Kedua, tretan siapkan kandang selayaknya untuk anakan ayam ketawa (saya menggunakan kurung burung ukuran 50x50 cm), pastikan kandang/kurung bersih. berilah lampu DOP (saya menggunakan yang 10 Watt) untuk penghangat anakakan ayam. berilah tengger/kayu untuk ayam ketawa ini bertujuan membiasakan ayam ketawa untuk bertingger nanti saaat dewasa mengingat ini salah satu kesukaan ayam ketawa saat ngeluruk. bila perlu berilah penutup tiap pinggiran kurung bertujuan untuk memberikan kesan hangat selalu pada anakan ayam.
  • ketiga, tretan siapkan tempat pakan (saya menggunakan tutup ceret karena anakan masi senang berceker saat makan). sediakan tempat minum secukupnya untuk diminum anakan ayam.
  • keempat, tretan harus continue membersihkan kandang, tempat pakan, tempat minum setiap harinya, ini betujuan agar kandang selalu steril dan nyaman untuk anakan ayam. yang paling penting adalah tempat minum kalau bisa 2 kali sehari diganti apabila menggunakan tempat minum bukan yang gantungan. karena bisanya anakan ayam ketawa sangat senang bertengger diatas tempat air minum dan mengakibatkan tempat air kotor.
  • kelima, pastikan lampu/DOP hidup di saat malam karna suhu udara yang dingin bisa dihangatkan oleh lampu, selain itu anakan biasanya lebih aktif makan apabila kandang terang.
  • keenam, apabila suhu di tempat tretan dingin makan saya anjurkan lampu tetap hidup untuk menghangatkan kandang. apabila tempat tretan normal maka pada pagi hari dianjurkan untuk dijemur kurang lebih 15-30 menit agar anakan bisa tambah sehat.
  • ketujuh, ini jika tretan ingin anakan tambah sehat, coba lepas di pagi/sore hari agar anakan tidak terlalu stress di dalam kandang.

    itu sekilas pengalaman saya selama memelihara ayam ketawa.. semoga bermanfaat tretan. :D :D



    *untuk tretan yang ingin pesan ayam ketawan silahkan kontak atau komen postingan ini.. sakalangkong  

No comments:

Post a Comment